peta flobamora

peta flobamora

Kamis, 12 April 2012

Ende, the First Exile


Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh,

Ende, sebuah kota kecil di gugusan Sunda Kecil, tempat dimana Presiden kita yang pertama diasingkan. Sebagaimana Bung Karno, Ende merupakan tempat "pembuangan" pertama saya, karena saya pertama ditempatkan bekerja ya tidak lain tidak bukan di Ende, bahasa Portugis dari kata 'end' yang berarti ujung.
Yah, itulah perasaan yang saya rasakan ketika mengetahui saya ditempatkan di Ende, bagai di ujung, ujung tanduk lebih tepatnya. Kesan pertama ketika tiba di kota ini saya merasa tidak berada pada ujung tanduk lagi. Kotanya tidak se'tertinggal' yang saya bayangkan dan stasiun-stasiun tivi gambarkan. Lumayan ramai lah, cukup representatif sebagai tempat rantau tempat mencari sesuap nasi.

Saya yakin anda sekalian tahu Pancasila yang oleh bangsa kita digunakan sebagai ideologi nasional itu adalah cetusan Bung Karno. Namun. apakah anda sekalian tahu bahwa Bung Karno berhasil mencetuskan ide tentang Pancasila ketika beliau berada di bawah kerindangan pohon Sukun bercabang lima di suatu kota kecil tempat beliau diasingkan?

Gambar di atas merupakan Taman Monumen Soekarno dimana pohon sukun tersebut masih kokoh berdiri. Gambar di bawah ini adalah suasana Pelabuhan Pelni Ende dan Pantai Encer ketika 'sunset'



Ende, di sinilah 'starting point' saya untuk mengabdikan diri pada ibu pertiwi, meskipun jauh dari kampung halaman. Untuk itu doakan saya untuk selalu ikhlas menjalani kehidupan di sini demi berbakti pada bangsa, negara dan agama, Aamiin.

nb: *) Sesuai judulnya, postingan ini berupa travel journal, jadi harap maklum jika porsi tulisan sangat sedikit karena akan dilebihkan di porsi gambarnya, yah 30-70 lah. Kamshamimnida ^^,

Tidak ada komentar: