peta flobamora

peta flobamora

Rabu, 18 April 2012

Labuan Bajo, Gerbang Menuju Dunia yang Hilang



















Labuan Bajo – Manggarai Barat


Assalamualaikum eja,
Mungkin kota di pulau Flores yang paling dikenal oleh khalayak adalah Labuan Bajo. Kota pelabuhan ini terletak di ujung Barat pulau Flores dan merupakan ibukota dari Kabupaten Manggarai Barat. Mengapa paling terkenal? Karena kota ini merupakan kota terdekat dengan Taman Nasional Pulau Komodo. Dari Labuan Bajo kita dapat menyewa kapal untuk  mengitari Kepulauan Komodo yang mana setiap pulaunya terkenal akan keindahan atas maupun bawah airnya.
























kepulauan komodo dari atas pesawat


Kota Labuan Bajo sebenarnya sangat kecil, jauh lebih kecil daripada Ende bahkan Bajawa sekalipun. Namun, kota ini memiliki pelabuhan udara yang lumayan sibuk yakni Bandara Komodo. Sebagian besar penumpang yang turun di sini merupakan wisatawan, baik domestik (termasuk saya) maupun manca negara. 





























































suasana Bandar Udara Komodo

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

Labuan Bajo hanya memiliki satu saja jalan protokol dan berlubang di mana-mana. Seperti Ende, yang merupakan kota kampung nelayan keturunan Bugis, kota ini mayoritas penduduknya muslim.




































































jalanan utama kota Labuan Bajo



Menyempatkan bermalam di Labuan Bajo sangat saya rekomendasikan, soalnya kalau malam kota ini malah makin hidup, kedai dan kafe makin ramai oleh para turis terutama bule. Penginapan di sini bervariasi mulai dari kelas ransel (buat backpacker seperti saya) sampai dengan kelas koper atau hotel berbintang.























salah satu contoh hotel kelas backpacker



hotel Jayakarta di Labuan Bajo


<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

Labuan Bajo memiliki pelabuhan laut yang cukup sibuk dengan lalu lintas kapal-kapalnya. Sebagian besar merupakan kapal pesiar dan kapal nelayan pencari ikan yang kerap dijadikan kapal wisata. Untuk menyewa sebuah kapal di sana, (kalau menurut penilaian saya) lumayan mahal harga sewanya, 2 hari 1 malam bapak pemilik kapal mematok harga 3.5 juta dan kapalnya muat untuk 10-an orang lah.



2 abege kadaluarsa labil terlantar di pelabuahan ;p
















































































































kota pelabuhan Labuan Bajo


>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>






































































sikon di kapal sewaan 



Dari pelabuhan udara ke pelabuhan laut, dan kapal saya pun memulai pelayarannya. Betapa excited nya saya melihat hamparan pulau-pulau berpasir putih di seberang sana. Dan saat itu pun saya yakin , trip kali ini merupakan highlight dari trip yang sudah maupun yang akan saya lalui di gugusan sunda kecil ini. 
Dan akhirnya! itu dia! di jarak yang tidak terlalu jauh, di seberang sana, dua pulau Kelas Dunia, Rinca dan Komodo dengan pegunungannya menjulang penuh kharisma.
Welcome to the wonder of world.


Sekian. (berlanjut di postingan selanjutnya Komodo National Park – 2 Chapters)




Tidak ada komentar: